Selasa, 24 Februari 2009

Korupsi di Indonesia

Korupsi adalah salah satu masalah terbesar yang dialami oleh bangsa ini. Korupsi adalah suatu tindak kejahatan dimana seseorang memperkaya atau mengambil keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain secara tidak legal atau tidak sah dengan menyalahgunakan wewenang yang dimiliki. Korupsi merupakan perbuatan yang melawan hukum dan merupakan tindak pidana.
Indonesia telah mengalami dampak buruk akibat korupsi dalam berbagai aspek kehidupan, dan yang terparah terjadi di sektor ekonomi. Kerugian yang dialami negara kita sangatlah besar. Hal ini berdampak pada pembangunan yang terhambat, hutang negara yang menumpuk, kualitas pendidikan yang kurang baik, kesenjangan sosial dan kemiskinan yang parah, dan banyak lagi masalah lainnya. Indonesia bahkan menjadi salah satu negara terkorup di dunia belakangan ini. Sebuah prestasi yang memalukan.
Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk melawan korupsi. Diantaranya, memperbaiki moral setiap orang, karena korupsi itu bergantung pada nurani tiap orang untuk melakukan atau tidak, sehingga budaya yang dapat melancarkan tidakan korupsi dapat terkikis. Langkah lainnya adalah menegakkan lagi kekuatan hukum dan peradilan Indonesia, yang bahkan selama ini juga telah ternodai oleh tindakan korupsi. Dengan hukum yang tegas, sanksi yang berat, dan peradilan yang bersih dan benar-benar adil, korupsi dapat segera diberantas. Langkah lain yang diperlukan adalah kepemimpinan yang bersih, berwibawa yang benar-benar anti-korupsi sehingga dapat menjadi panutan bagi rakyat untuk melawan segala bentuk korupsi.

Tidak ada komentar: